MARKETING MIX
marketing mix merupakan strategi pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang dilakukan secara bersamaan.Strategi tersebut digunakan dengan menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing mix itu sendiri.

PRODUK
 produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.

Karakteristik Produk (product characteristics)

Menurut Kottler & Keller (2006), karakteristik produk adalah kondisi yangberbeda dari suatu produk dibandingkan para pesaingnya yang dapat ditawarkankepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan. Setiap produk memiliki karakteristikyang berbeda-beda, dan setiap produsen selalu berusaha menciptakan produk yangmemiliki karakteristik tersendiri sehingga konsumen memiliki persepsi khususterhadap produk tersebut. Menurut Ryerson (2009), karakteristik suatu produk merupakan modal atauatribut penting, sejauh produk tersebut mampu memberikan keuntungan untuk
 memenuhi tujuan yang lebih besar. Dengan kata lain, karakteristik produk adalahsuatu pola yang akan menentukan suatu produk layak untuk di konsumsi atau tidak.


PROMOTION MIX
Promosi adalah bagian penting dari marketing mix perusahaan. Setelah produk dikembangkan, harga ditentukan, langkah selanjutnya adalah menjualnya.
Promosi adalah proses komunikasi yang melibatkan informasi, persuasi, dan pengaruh. Istilah ‘menjual’ sendiri sering disinonimkan dengan promosi. Promosi pada dasarnya merupakan upaya penjualan dari perusahaan bisnis dan termasuk fungsi dari menginformasikan, membujuk dan memengaruhi keputusan pembelian oleh calon konsumen dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dan keuntungan. Promosi sendiri adalah upaya penjual untuk menjual produk secara efektif. Promosi juga mencakup komunikasi dengan pelanggan untuk mengejar mereka agar membeli produk. Ini adalah tugas dari manajer pemasaran untuk memilih media komunikasi dan memadukannya ke dalam program promosi yang efektif. 

Komentar