Segmentasi pasar adalah
kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda
yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga
dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli
di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
Dasar–dasar
segmentasi pasar pada pasar konsumen
·
Variabel
geografi
Variabel tersebut, antara
lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
·
Variabel
demografi
Variabel tersebut, antara
lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dan lainnya.
·
Variabel
psikologis
Variabel tersebut, antara
lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel tersebut, antara
lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan
dan sikap pada produk.
Dasar–dasar
segmentasi pada pasar industri
·
Tahap
1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi
geografis, dan banyaknya langganan.
·
Tahap
2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan
pelanggan.
Syarat
Ada beberapa syarat
segmentasi yang efektif, yaitu:
·
Dapat
diukur
·
Dapat
dicapai
·
Cukup
besar atau cukup menguntungkan
·
Dapat
dibedakan
·
Dapat
dilaksanakan
Tingkat
Pembelian mempunyai
kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar
yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa
tingkat yang berbeda.
·
Pemasaran
massal
Pemasaran massal berfokus
pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang
hampir sama keseluruh konsumen.
·
Pemasaran
segmen
Pemasaran segmen menyadari
bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
·
Pemasaran
ceruk
Pemasaran ceruk (marketing
niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen.
Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
·
Pemasaran
mikro
Praktik penyesuaian produk
dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.
Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Pola
Segmentasi Pasar
Preferensi homogen. Suatu pasar yang semua
konsumennya kurang lebih mempunyai preferensi yang sama.
·
Preferensi
tersebar. Kebalikan dari sebelumnya, suatu pasar menunjukkan bahwa pilihan
konsumen terpencar ke seluruh penjuru. Apabila terdapat satu merek produk, maka
kemungkinan besar produk tersebut ditempatkan di tengah agar bisa memikat
sebagian besra konsumen. Apabila pesaing baru datang, maka ia akan menempatkan
diri di dekat mereka pertama dan mereka akan saling berebut pangsa pasar.
·
Preferensi
mengelompok. Terdapat kemungkinan lain bahwa di dalam pasar terdapat
pengelompokan selera/pilihan yang tegas. Perusahaan pertama yang beroperasi di
pasar mempunyai tiga pilihan, ia dapat menempatkan diri di tengah dengan
harapan bisa menarik tiga kelompok yang ada. Pilihan kedua adalah menempatkan
produk pada segmen pasar yang terbesar, dan dinamakan pemasaran terpusat.
Pilihan ketiga adalah perusahaan mengembangkan beberapa merek yang
masing-masing ditempatkan pada segmen tertentu atau disebut pemasaran serba-neka. [1]
Manfaat
Manfaat dari segmentasi
pasar adalah:
·
Penjual
atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan
pemasaran.
·
Penjual
atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada
berbagai segmen.
·
Penjual
atau produsen
Komentar
Posting Komentar