PROMOSI PENJUALAN
  Ø Pengertian
             promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand.

  Ø  Tujuan Promosi
 adapun tujuan promosi berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah :
    1.     Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
    2.     Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut
    3.     Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan
    4.     Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor
    5.     Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
    6     Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk

  Ø Jenis-jenis Promosi
Berikut ini adalah jenis-jenis promosi yang biasa kita lihat seperti dikutip dari Wikipedia :

      1.   Promosi secara fisik 
       Promosi dapat diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan pada acara-acara tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. 
      2.   Promosi melalui media tradisional
      Yang dimaksud jenis promosi melalui media tradisional adalah via media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik seperti radio dan televisi, serta media di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard.


     3.   Promosi melalui media digital
     Jenis promosi melalui media digital mencakup media internet dan social media atau jejaring social. Ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini seperti ponsel atau laptop. 

  Ø Contoh-contoh Promosi
Berikut adalah beberapa contoh-contoh promosi yang sudah sangat umum :
  1. o    Promosi di sebuah toko : beli 2 pasang sepatu dapat gratis 1 pasang sepatu tambahan
  2. o    Promosi dari suatu provider telekomunikasi : nelpon 5 menit dapat gratis telpon selama 30 menit
  3. o    Promosi di sebuah department store : dapat potongan harga 30% untuk suatu produk tertentu
  4. o   Promosi di sebuah restoran : beli makanan tertentu gratis minuman  

  Ø Keuntungan Promosi
Berikut ini adalah beberapa keuntungan dilakukannya kegiatan promosi:

1.     Dapat meningkatkan omzet penjualan.
2.     Dapat memperpendek piutang-piutang perusahaan.
3.     Mengingatkan pembeli tentang barang-barang yang akan dibeli.
4.     Membentuk product movie (mau membeli karena barang-barang tertentu).
5.     Meningkatkan barang-barang agar menjadi lebih terkenal.
6.     Mempercepat perputaran modal kerja perusahaan.

Ø Sasaran Promosi
Berikut ini adalah sasaran dari kegiatan promosi.

1.     Seluruh masyarakat konsumen agar membeli produk.
2.     Para pembeli produk perusahaan tersebut.
3.     Para pemakai produk pada waktu sekarang.
4.     Para pelanggan yang setia.
5.     Mereka yang memiliki potensi untuk membeli produk.

Komentar