Produk Kreativ dan Kewirausahaan dalam bisnis

1.      PENGERTIAN
Kewirausahaan adalah perilaku dan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang bisa bermanfaat dan memiliki nilau jual. 
Kewirausahaan adalah jiwa keberanian untuk memulai dari 0. Memulai adalah hal yang mudah tetapi bertahan dan berkembang lebih besar itulah yang sulit. Usaha pasti ada pasang surutnya sehingga seorang wirausaha di tuntut agar bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang ada.

2.      Ciri-Ciri Kewirausahaan
Ciri-ciri kewirausahaan yang handal dan dapat bersaing di pasaran:
a.       Yakin dengan kualitas produk yang di miliki
b.      Mengetahui informasi produk
c.       Tidak akan memaksa konsumen untuk membeli
d.      Komunikatif dan negosiasi ramah dalam pelayanan
e.      Memberikan pelayanan yang baik
f.        Jujur adalah kunci utama usaha
g.       Transaksi yang bersifat transparan
h.      Mampu bersaing di pasaran global
i.         Selalu ada ide dan inovasi
j.        Mampu menanggulangi masalah yang ada

3.      Tujuan Berwirausaha
Tujuan berwirausaha dibawah ini harus di tanamkan dalam diri pengusaha sukses:

·         Niat dan tekat yang bulat. Membangun bisnis pada awal mula adalah niat mendirikan usaha dan berjanji akan menjalankan dengan sebaik mungkin.
·         Ikut dalam seminar kewirausahaan untuk menambah ilmu dalam bisang usaha.
·         Ikut serta pelatihan kemampuan wirausaha guna meningkatkan kesejahteraaan masyarakat.
·         Menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran kewirausahaan yang kokoh.
·         Berbagi ilmu dan informasi apapun yang berkaitan dengan kewirausahaan.
 Ide-ide dan inovasi untuk meningkatkan usaha.

4.      Keuntungan Berwirausaha
Sedikit kesalahan dapat membawa bentuk kerugian yang luar biasa. Meskipun begitu, menjadi wirausaha tentunya memiliki berbagai keuntungan, seperti:

a.       Menjadi bos dalam perusahaan sendiri
b.      Mencapai tujuan
c.       Memperoleh manfaat dari keuntungan
d.      Membantu masyarakat dengan usaha konkrit
e.      Mendemontrasikan potensi secara penuh

5.      Sasaran utama Kewirausahaan
           Pada dasarnya, semua orang bisa dan berhak menjadi wirausaha. Tetapi terdapat tiga sasaran utama kewirausahaan, yaitu:
1.       Sasaran kewirausahaan yang pertama adalah instansi pemerintah dengan kegiatan usaha (BUMN) Badan Usaha Milik Negara, organisasi profesi dan kelompok masyarakat.
2.       Sasaran kewirausahaan kedua adalah para pelaku ekonomi, terdiri dari pengusaha kecil dan koperasi.
3.       Sasaran kewirausahaan ketiga adalah generasi muda, anak-anak putus sekolah, dan calon wirausahawan.

6.     TUJUAN KEWIRAUSAHAAN SECARA UMUM
1. Tujuan kewirausahaan : Meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas
Tujuan kewirausahaan yang pertama adalah meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas. Tujuan kewirausahaan ini berdasarkan pada pemikiran jika seorang pembisnis tentunya membutuhkan sumber daya manusia lain untuk membantunya membangun perusahaan.

2. Tujuan kewirausahaan : Membudayakan semangat wirausaha di masyarakat
Wirausahawan dapat dikategorikan sebagai orang-orang yang memiliki jiwa tangguh, kompetitif, dan pandai mencari peluang. Semangat wirausaha yang tidak pernah padam ini sangat baik jika mampu ditularkan ke masyarakat sebagai sebuah tujuan kewirausahaan yang selanjutnya.

3. Tujuan kewirausahaan : Memajukan dan menyejahterakan masyarakat

Tujuan kewirausahaan yang selanjutnya adalah untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat. Semakin sukses dan semakin berkembangnya sebuah bisnis, pasti akan membutuhkan semakin banyak sumber daya manusia. Hal ini berarti semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang terbuka bagi masyakarat.

Komentar